Liturgi Ekaristi


LITURGI EKARISTI

PERARAKAN PERSEMBAHAN
Kedua mempelai mengantar sendiri roti dan anggur dan para petugas atau kerabat mereka menyertai dengan membawa bahan-bahan persembahan lainnya.

DOA PERSIAPAN PERSEMBAHAN

I           Berdoalah, saudara-saudari, supaya persembahanku dan persembahanmu berkenan kepada Allah, Bapa yang mahakuasa.
U         Semoga persembahan ini diterima demi kemuliaan Tuhan dan keselamatan kita, serta seluruh umat Allah yang kudus.

Pilihan Doa Persiapan Persembahan:
A
I           Ya Tuhan, terimalah kurban yang kami persembahkan untuk perjanjian perkawinan yang suci ini. Engkaulah yang memungkinkan pelaksanaannya. Semoga Engkau juga yang mengatur kelangsungannya dengan bijaksana. Dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami.
U         Amin.

B
I           Ya Tuhan, sudilah dengan wajah berseri menerima persembahan yang kami unjukkan kepada-Mu bagi hamba-hamba-Mu ini, yang telah dipersatukan oleh janji suci. Semoga berkat sakramen ini kasih mereka diteguhkan dalam kasih-Mu. Dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami.
U         Amin.

C
I           Ya Tuhan, terimalah dengan rela persembahan ini, yang kami unjukkan kepada-Mu dengan gembira. Lindungilah dengan kasih sayang kebapaan-Mu mereka yang telah Engkau persatukan dalam pertalian Sakramen ini. Dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami.
U         Amin.


PREFASI
Imam dapat memilih salah satu Doa Syukur Agung (I, II, III) yang tersedia dalam buku Tata Perayaan Ekaristi.
Pilihan prefasi:

A Martabat Perjanjian Perkawinan
I           Sungguh layak dan benar, pantas dan menyelamatkan, bahwa kami selalu dan di mana pun bersyukur kepada-Mu, Tuhan, Bapa yang kudus, Allah yang Mahakuasa dan kekal: Engkau menjalin janji perkawinan dengan tali kerukunan yang lembut dan dengan ikatan damai yang tak terputuskan, agar kesuburan yang murni dari pasangan-pasangan suci menambah jumlah anak-anak angkat-Mu.
             Sebab, oleh penyelenggaraan dan kasih karunia-Mu, ya Tuhan, secara mengagumkan Engkau mengatur agar keturunan yang dilahirkan untuk memenuhi bumi menambah jumlah anggota Gereja oleh kelahiran kembali dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami.
             Dengan pengantaraan-Nya, bersama para Malaikat dan semua Orang Kudus, kami menyanyikan madah pujian bagi-Mu dengan tak henti-hentinya bernyanyi/berseru:
U         Kudus, kudus, kuduslah Tuhan….

B Keagungan Sakramen Perkawinan
I           Sungguh layak dan benar, pantas dan menyelamatkan, bahwa kami selalu dan di mana pun bersyukur kepada-Mu, Tuhan, Bapa yang kudus, Allah yang Mahakuasa dan kekal: dengan pengantaraan Kristus Tuhan kami. Sebab dalam Dia, Engkau telah mengikat perjanjian baru dengan umat-Mu sehingga umat yang sudah Engkau tebus dengan misteri wafat dan kebangkitan Kristus Engkau ikut sertakan dalam kodrat ilahi-Nya dan turut menjadi ahli waris kemuliaan-Nya di Surga.
             Kelimpahan kasih karunia Kristus itu Engkau tandakan dalam ikatan perkawinan laki-laki dan perempuan sehingga apa yang terlaksana dalam sakramen mengingatkan kami akan rencana kasih-Mu yang tak terhingga.
             Dari sebab itu, bersama para Malaikat dan semua Orang Kudus, kami memuji dikau dengan tak henti-hentinya bernyanyi/berseru:
U         Kudus, kudus, kuduslah Tuhan….

C Perkawinan sebagai Tanda Cinta Kasih Ilahi
I           Sungguh layak dan benar, pantas dan menyelamatkan, bahwa kami selalu dan di mana pun bersyukur kepada-Mu, Tuhan, Bapa yang kudus, Allah yang Mahakuasa dan kekal.
             Engkau menghendaki, agar manusia yang diciptakan karena anugerah kasih sayang-Mu, diangkat ke martabat yang begitu luhur sehingga di dalam ikatan perkawinan laki-laki dan perempuan Engkau menampilkan citra yang benar akan kasih-Mu.
             Sebab manusia yang Engkau ciptakan karena cinta tak henti-hentinya Engkau panggil untuk hidup sesuai dengan hukum kasih agar mereka boleh ikut serta dalam kasih-Mu yang abadi.
             Misteri perkawinan yang suci ini, manakala menjadi tanda kasih-Mu, menguduskan kasih insani: dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami.
             Dengan pengantaraan Kristus itu, bersama para Malaikat dan semua Orang Kudus, kami melambungkan pujian bagi-Mu dengan tak henti-hentinya bernyanyi/berseru:
U         Kudus, kudus, kuduslah Tuhan….

DOA SYUKUR AGUNG
Nama para mempelai dapat disebut dalam Doa-doa Syukur Agung. Berikut ini rumus tambahan yang harus disisipkan dalam Doa Syukur Agung yang telah dipilih.
Doa Syukur Agung I
Sebelum konsekrasi, sesudah “ya Allah yang benar, hidup dan kekal”. Kalau perlu kata-kata dalam kurung dapat dilewati.
I           Maka kami mohon, ya Tuhan, sudilah menerima persembahan kami, hamba-hamba-Mu, dan persembahan seluruh keluarga-Mu ini. Kami mempersembahkannya juga untuk hamba-hamba-Mu, … dan … ini. Sebagaimana Engkau telah mengantar mereka sampai pada hari perkawinan ini, semoga Engkau [menggembirakan mereka dengan anugerah keturunan dan] memberkati mereka dengan usia panjang. Dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami.

Doa Syukur Agung II
Setelah “dan semua pelayan Sabda-Mu.”
I           Ingatlah juga, ya Tuhan, akan hamba-hamba-Mu, … dan … ini, yang telah Engkau antar sampai pada hari perawinan ini. Semoga dengan bantuan rahmat-Mu mereka saling mencintai dan hidup rukun.

Doa Syukur Agung III
Setelah “di manapun mereka berada.”
I           Kami mohon, ya Tuhan, teguhkanlah dalam rahmat perkawinan hamba-hamba-Mu ini, … dan …, yang telah Engkau antar dengan sukacita sampai pada hari perkawinan ini. Semoga janji yang mereka ikrarkan di hadapan-Mu senantiasa mereka pelihara selama hidup dalam naungan-Mu.     

BAPA KAMI
Imam mengajak umat untuk bersama-sama mengucapkan atau menyanyikan doa Tuhan. “Bapa Kami”.
Embolisme-Doksologi ditiadakan. Setelah doa Bapa Kami imam berdiri di hadapan kedua mempelai yang berlutut di tempat mereka atau di depan altar.

BERKAT UNTUK MEMPELAI Umat berdiri, mempelai berlutut
Kalimat dalam tanda kurung dapat dilewati jika tidak sesuai dengan keadaan mempelai.

Pilihan Pengantar Berkat:
A
I           Saudara-saudari terkasih, marilah kita berdoa dengan rendah hati agar Tuhan berkenan melimpahkan anugerah berkat-Nya atas hamba-hamba-Nya ini yang sudah menikah dalam Kristus; dan yang sudah diikat-Nya dengan janji suci [dengan Sakramen Tubuh dan Darah Kristus] serta dibuat-Nya sehati sejiwa dalam satu kasih.

B
I           Saudara-saudari terkasih, marilah kita berdoa memohon berkat Allah untuk kedua mempelai. Semoga dengan murah hati Allah membantu mereka yang telah diperkaya oleh-Nya dengan Sakramen Perkawinan ini.

C
I           Saudara-saudari, marilah kita berdoa bagi para mempelai ini, yang datang ke altar ini untuk memulai perkawinan mereka agar [dengan menyambut Tubuh dan Darah Kristus] mereka tetap bersatu dalam cinta kasih seumur hidup.

Setelah pengantar berkat, seluruh umat berdoa dalam keheningan beberapa saat.

Lalu imam dengan tangan terentang ke atas kedua mempelai, mengucapkan doa berkat berikut.

Pilihan Doa Berkat:

A
I           Ya Allah, dengan kuat kuasa-Mu, Engkau telah menciptakan segala sesuatu dari ketiadaan. Setelah mengatur awal mula alam semesta dan menciptakan manusia menurut citra-Mu, Engkau pun menetapkan bagi laki-laki seorang perempuan sebagai penolong yang tak terpisahkan. Mereka bukan lagi dua melainkan satu daging, dan Engkau mengajarkan bahwa yang sudah dipersatukan tidak pernah boleh diceraikan.
             Ya Allah, Engkau telah menguduskan ikatan perkawinan dengan misteri yang begitu luhur, sehingga dalam janji perkawinan Engkau memperlambangkan sakramen hubungan Kristus dengan Gereja.
             Ya Allah, di dalam Engkau perempuan bersatu dengan laki-laki dan komunitas insani yang pertama, yaitu keluarga, dianugerahi dengan berkat yang tidak bisa ditiadakan oleh apa pun: tidak oleh kutukan dosa asal, tidak pula oleh hukuman air bah.
             Pandanglah dengan rela hamba-hamba-Mu ini, yang setelah menjalin persekutuan perkawinan, mereka tetap mengharapkan berkat dan perlindungan-Mu. Curahkanlah anugerah Roh Kudus ke atas mereka agar mereka tetap setia dalam ikatan perkawinan karena kasih-Mu yang dituangkan ke dalam hati mereka.
             Penuhilah hati hamba-Mu, …, mempelai perempuan ini, dengan rahmat cinta dan damai. Semoga ia mengikuti teladan hidup perempuan-perempuan kudus yang dipuji di dalam Kitab Suci.
             Semoga hati suaminya tertambat padanya dan dia diterima sebagai teman hidup yang setara. Semoga ia mendampinginya dengan rasa hormat yang pantas dan senantiasa mencintainya, dengan kasih Kristus sendiri, yang mencintai Gereja-Nya.
             Maka kami mohon kepada-Mu, ya Tuhan, semoga hamba-hamba-Mu ini tetap tinggal dalam ikatan iman dan pelaksanaan hukum-Mu.
             Semoga mereka yang sudah dipersatukan sebagai suami-istri menjadi orang-orang terpandang karena kesempurnaan peri hidup mereka.
             Semoga mereka yang telah diteguhkan oleh Injil menjadi saksi Kristus yang baik di hadapan semua orang.
             [Semoga mereka mendapat keturunan, menjadi orang tua yang patut dicontoh karena kebajikan, dan boleh melihat cucu-cicit mereka.]
             Akhirnya, semoga mereka mencapai usia lanjut, dan masuk ke dalam kehidupan para kudus di dalam kerajaan surga. Dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami.
U         Amin.

B
I           Bapa yang kudus, Pencipta alam semesta, Engkau menciptakan laki-laki dan perempuan menurut citra-Mu dan Engkau berkenan melimpahi mereka dengan berkat-Mu. Dengan rendah hati kami berdoa kepada-Mu bagi hamba-hamba-Mu ini, yang hari ini dipersatukan oleh Sakramen Perkawinan.
             Ya Tuhan, semoga berkat-Mu yang melimpah turun atas …, mempelai perempuan ini, serta atas teman hidupnya, ….
             Semoga kekuatan Roh Kudus-Mu turun dan mengobarkan hati mereka agar mereka mengambil manfaat dari anugerah perkawinan untuk diri mereka dan memperkaya Gereja-Mu [serta menyemarakkan keluarga mereka dengan anak-anak].
             Ya Tuhan, semoga dalam suka mereka memuji Dikau, dalam duka mereka mencari Engkau. Semoga dalam jerih payah mereka merasakan sukacita karena Engkau berkenan menyertai mereka.
             Semoga dalam kesukaran hidup, mereka merasakan kehadiran-Mu yang menenteramkan.
             Semoga di tengah umat mereka berdoa memuji Dikau dan menjadi saksi-Mu di dunia.
             Semoga mereka mencapai usia lanjut yang sejahtera dalam lingkaran sahabat-kenalan, dan akhirnya bersama-sama masuk ke dalam kerajaan surgawi. Dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami.
U         Amin.

C
I           Bapa yang kudus, Engkau telah menciptakan manusia menurut citra-Mu, sebagai laki-laki dan perempuan, supaya dalam ikatan persatuan tubuh dan hati, suami-istri menunaikan tugas mereka di dunia.
             Ya Allah, untuk menyatakan rencana kasih-Mu Engkau menghendaki agar dalam pertalian saling kasih kedua mempelai, digambarkanlah perjanjian antara Engkau dan umat-Mu. Dengan pemenuhan makna sakramen ini, menjadi nyatalah misteri hubungan Kristus dengan Gereja-Nya di dalam persekutuan perkawinan umat beriman.
             Kami mohon, ulurkanlah tangan kanan-Mu atas hamba-hamba-Mu, … dan … ini, dan penuhilah hati mereka dengan kekuatan Roh Kudus.
             Perkenankanlah, ya Tuhan, agar mereka yang telah menerima Sakramen Perkawinan ini, menyalurkan anugerah cinta kasih-Mu satu sama lain, dan dengan saling memperlihatkan tanda kehadiran-Mu semoga mereka menjadi sehati dan sejiwa.
             Bantulah ya Tuhan, agar rumah tangga yang mereka bangun ditopang oleh usaha mereka [dan anak-anak mereka dididik menurut ajaran Injil agar layak bersama mereka masuk ke dalam Keluarga-Mu di surga].
             Ya Tuhan, sudilah melimpahkan berkat surgawi-Mu atas hamba-Mu, …, mempelai perempuan ini, agar dengan memenuhi tugasnya sebagai istri [dan ibu], ia menghangatkan rumahnya dengan kasih yang murni dan menghiasinya dengan kelembutan hati.
             Ya Tuhan, dampingilah juga hamba-Mu, …, mempelai laki-laki ini, dengan berkat surgawi, agar ia pantas melaksanakan tugasnya sebagai suami yang setia [dan ayah yang bijaksana].
             Bapa yang kudus, perkenankanlah agar mereka ini, yang sudah menikah di hadapan-Mu dan ingin datang ke meja perjamuan-Mu, kelak menikmati sukacita karena boleh mengambil bagian dalam perjamuan surgawi. Dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami.
U         Amin.

Berkat untuk mempelai juga dapat dinyanyikan. Pola lagu lihat buku TPP nomor 127.

Doa Damai ditiadakan, dan Imam langsung menyampaikan “Salam Damai”.

SALAM DAMAI
I           Damai Tuhan bersamamu.
U         Dan bersama rohmu.

Kemudian Imam memberi salam kepada mempelai dan orang tua mereka. Mempelai dan seluruh umat dapat saling mengungkapkan tanda damai dan cinta kasih, khususnya kepada umat di sekitarnya yang dapat dijangkau.

PEMECAHAN HOSTI
Imam memecah-mecahkan hosti kudus, sementara umat mengiringinya dengan mengucapkan/menyanyikan “Anak Domba Allah”. Setelah itu Imam menunjukkan hosti dan mengangkat piala, sambil mengucapkan “Inilah Anak Domba Allah …”. Atau rumus lain yang terdapat dalam buku TPE.

KOMUNI
Ketika Imam menyambut Tubuh Kristus, dimulailah nyanyian komuni, atau salah satu Antifon Komuni berikut ini:

A.        Bdk. Ef 5:25-27
             Kristus mencintai Gereja dan menyerahkan diri baginya, dan menjadikannya mempelai perempuan yang kudus dan tak bercela (Masa Paskah: Alleluya)

B.         Yoh 13:34
             Perintah baru Aku berikan kepada kamu, supaya kamu saling mengasihi, sama seperti aku telah mengasihi kamu, sabda Tuhan. (Alleluya)

C.         Mzm 34:2,9
             Aku hendak memuji Tuhan setiap waktu, Pujian-Nya tetap menggema dari mulutku. Nikmatilah dan rasakanlah betapa manisnya Tuhan. Berbahagialah orang yang berlindung pada-Nya (Alleluya).

Kedua mempelai, orang tua, saudara sekandung mereka, dan para saksi sebaiknya menerima komuni dalam dua rupa. Antara kedua mempelai, dan juga umat, tidak diizinkan mengambil sendiri, saling memberikan, ataupun saling menyuapkan hosti kudus dan piala.

DOA SESUDAH KOMUNI
Pilihan Doa Sesudah Komuni:

A
I           Marilah kita berdoa.
             Ya Tuhan, kami telah mengambil bagian pada meja perjamuan-Mu. Kami mohon, semoga mereka yang telah dipersatukan dengan Sakramen Perkawinan senantiasa berpaut pada-Mu, dan memaklumkan nama-Mu kepada semua orang. Dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami.
U         Amin.

B
I           Marilah kita berdoa.
             Ya Tuhan, oleh kekuatan kurban ini berkenanlah menyertai perkawinan ini dengan penyelenggaraan-Mu yang penuh kasih sayang. Semoga kedua mempelai ini, yang telah Engkau ikat dalam persekutuan suci, [dan Engkau segarkan dengan satu roti dan satu piala] senantiasa sehati sejiwa dalam cinta kasih. Dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami.
U         Amin.

C
I           Marilah kita berdoa.
             Ya Tuhan, kami telah mengambil bagian pada meja perjamuan-Mu. Kami mohon semoga mereka yang telah dipersatukan dengan Sakramen Perkawinan senantiasa berpaut pada-Mu, dan memaklumkan nama-Mu kepada semua orang. Dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami.
U         Amin.

D
I           Marilah kita berdoa.
             Allah yang Mahakuasa, semoga daya sakramen yang telah kami terima makin bertumbuh dalam diri hamba-hamba-Mu ini. Perkenankanlah kami semua memperoleh hasil kurban yang telah kami persembahkan kepada-Mu. Dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami.
U         Amin.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar